10 Istilah Yang Wajib Kamu ketahui Dalam Dunia Hacking - Codes Xploit

10 Istilah Yang Wajib Kamu ketahui Dalam Dunia Hacking

 

ANONIMCYBER | Selamat pagi para pembaca! hari ini saya akan membahas 10 Istilah Yang Wajib Kamu ketahui Dalam Dunia Hacking Tapi saya akan membahasnya Dalam Tempo Yang Sesingkat-singkatnya hehe alias sangat singkat tapi berbobot.

Hacking adalah suatu usaha/kegiatan untuk memasuki sebuah jaringan komputer dengan tujuan mencari kelemahan atau celah dari sistem jaringan tersebut secara ilegal dan mengeksplorasinya. Sedangkan orang yang melakukan aktivitas Hacking disebut dengan Hacker.




Untuk Menjadi seorang hacker tidaklah mudah, sangat diperlukan ketekunan, kesabaran dan usaha keras yang kuat. jika sobat ingin belajar mempelajari tentang hacking, sobat harus mengenal dan mengetahui istilah istilahnya agar sobat tidak bingung ketika ada istilah asing atau belum sobat kenal.

Berikut 10 Istilah Dalam Dunia Hacking

1. Bug
Bug adalah kesalahan pada pemograman yang menyebabkan sistem dapat diekploitasi atau error dengan kondisi tertentu. Dalam web Hacking terdapat beberapa bug seperti, RFI,LFI,SQLI,RCE,XSS dan sebagainya.

2. SQL Injection, DDos dan Deface
SQL Injection adalah suatu jenis penyerangan yang mengijinkan user peyerang untuk mengakses database server. 
Sedangkan DDos adalah teknik yang membuat sistem crash karena overload sehingga tidak akan bisa diakses atau bahkan bisa untuk mematikan service.
Deface adalah teknik yang sering digunakan oleh Hacker, yang nantinya Hacker dapat mengubah tampilan dari suatu website secara paksa dan ilegal.

3. Phising dan Debug
Phising adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti ID user, password, PIN, nomer rekening bank, kartu kredit secara ilegal.
Debug adalah sebuah kegiatan mencari Bug (Kesalahan pemograman) dan setelah menemukannya, maka akan memperbaiki bug yang sudah ditemukan tadi. Atau lebih singkatnya Debug adalah proses menemukan dan memperbaiki Bug.

4. Fake Login, Fake Process dan Keylogger
Fake Login ini sebuah halaman tiruan/ palsu yang sengaja dibuat untuk mengelabui user dengan tujuan untuk mendapatkan informasi-informasi penting dari user.
Fake Process sebuah Proses tiruan yang dibuat untuk menyembunyikan nama proses asli, yang bertujuan untuk mengelabui admin sistem.
Sedangkan KeyLogger adalah sebuah software yang dipasang di komputer agar dapat mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard secara diam-diam dan tidak kasat mata sehingga pengguna tidak menyadarinya.

5. Virus, Worm, dan Trojan
Virus adalah sebuah kode jahat yang mempunyai sistem kerja sama dengan virus yang menyerang pada manusia, virus ini dapat menggandakan diri dan seperti halnya parasit yang hidup pada file yang diinfeksinya. Jika file terkena virus, File yang terinfeksi bisa rusak atau ukuran file tersebut akan bertambah besar.
Worm adalah kode jahat yang sistem kerjanya sama seperti cacing, menggandakan diri lalu menyebar dengan cepat.
Sama halnya kuda Trojan yang ada pada Zaman Romawi, Trojan akan masuk kedalam sistem untuk mengintip dan mencuri informasi penting yang ada didalamnya kemudian data yang berhasil dicuri akan dikirimkan kepada si pemilik trojan tersebut.

6. Backdoor
Backdoor atau pintu belakang adalah yang dipasangkan di komputer yang menjadi sasaran, kemudian sistem yang berhasil dimasukinya akan diekploitasi oleh si penyerang. Dengan menggunakan Backdoor, sang attacker bisa masuk ke komputer korban kapan saja meskipun tidak ada sentuhan fisik sekalipun.

7. Black Hat dan White Hat
Black Hat adalah sebuah kelompok hacker dengan kemampuan mencuri data atau menghambar sistem yang ada pada komputer korban. Black Hat di kenal dengan kemampuannya untuk menghilangkan jejak sampai tidak mampu dilacak.
Jika ada jahat pasti ada yang baik, begitu pula dalam dunia Hacker jika Black Hat lebih cenderung untuk merusak dan mencuri, ada juga White Hat yang cenderung lebih memanfaatkan pengetahuan yang mereka miliki untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka.

8. Script KiddieSebuah pola serangan yang sering kali digunakan oleh Hacker pemula menggunakan indera bantu ringan yang bisa didapatkan dibanyak situs-situs Hacker lainnya. Script ini hanya berisi Scipt sederhana yang nantinya akan dipakai untuk mendeface atau melancarkan DOS pada korbannya.

9. Buffer Overflow
Merupakan sebuah kelemahan yang praktis yang bisa ditemukan dan dimanfaatkan oleh sang Hacker dalam sebuah sistem. Jika Sistem Operasi atau program tidak dikode secara sempurna maka Hacker bisa membuat komputer korban menjadi terganggu dengan mengirimkan perintah-perintah yang akan membuat gangguan berlangsung lebih lama.

10. ExploitExploit 
Artinya keberadaan sebuah celah keamanan dalam perangkat lunak yang berjalan pada sebuah komputer. Lewat Exploit ini juga serangan hacker akan terbuka lebar, setiap aplikasi atau sistem operasi baru bermunculan maka genderang perang di tabuh buat para hacker untuk memulai mencari kelemahannya.

Itulah 10 Istilah Yang Wajib Kamu Ketahui Dalam Dunia Hacking, Nah saran saya kalo sobat ingin hapal dan tahu arti ini semuanya, sobat harus mempraktekannya ketika sobat belajar hacking.

Sekian artikel ini, Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Jangan Lupa Share yah

No comments:
Write komentar